Pengaruh Musik Terhadap Emosi




Musik adalah sesuatu yang sangat akrab dalam kehidupan kita sehari - hari. Setiap hal pasti tak lepas dari musik, entah itu iklan, film, atau mungkin sarana promosi lainnya. Biasanya kita mendengarkan musik untuk memghibur diri, melepaskan penat, atau hanya karena kita senang mendengarkan.




Selain itu, terkadang musik memang menjadi begitu ampuh mengerti perasaan kita dibandingkan sejuta kata - kata lain. Musik memiliki begitu banyak warna untuk menggambarkan apa yang sedang kita rasakan. Contohnya, saat senang kita cenderung mendengarkan lagu - lagu dengan irama cepat yang easy going sehingga membuat kegembiraan kita semakin meluap - luap. Tapi ketika sedih, kita pasti malas mendengarkan musik - musik dengan irama seperti itu dan lebih memilih lagu - lagu melow yang bertempo lambat dan memancing emosi kita.

Seperti itulah musik. Bisa saya katakan, musik adalah teman. Walaupun dia sama sekali bukan cara ampuh menghilangkan beban kehidupan atau pendongkrak semangat, musik bisa menjadi semacam pendamping yang bisa sedikit membuatmu merasa lebih baik. Tapi bagi sebagian orang yang sangat mencintai dunia musik, hal ini bisa menjadi berbeda.Musik bagi mereka yang begitu mencintainya bisa menjadi kehidupannya, segalanya bagi mereka, bukan hanya sebuah semangat dalam nada, tapi juga kehidupan dalam alunannya.

Bisa saya katakan, seperti itulah musik. Saya juga salah seorang yang mempercayai tentang keajaiban sebuah nada. Musik bagi saya, terkadang mempunyai sebuah keajaiban yang bisa membangkitkan semangat saya yang mulai drop. Apa kalian juga seperti itu? Apa kalian penikmat musik yang memanfaatkan sihir didalamnya untuk mengembalikan semangat?

Itu bukan hal buruk kawan. Terkadang, kita memang sering terjatuh, merasa tak mampu bangkit dan tak tahu jalan mana yang harus kita ambil. Itu wajar. Setiap manusia pasti akan menemui jalan buntunya masing - masing. Tapi kita tentunya tak akan diam saja bukan? Mungkin ketika lelah, istirahat yang kita butuhkan. Tapi bukan berarti kita tak akan meneruskan perjalanan lagi. Meski itu sebuah istirahat yang panjang, suatu saat nanti percayalah, kita akan bangkit dan merubuhkan tembok yang menghalangi jalan kita, dan... tak ada lagi jalan buntu.

Ketika suatu saat kita mengalami itu, dengarkan musik - musik cantik yang bisa membangkitkan semangat. Itu membantu. Bukan membantu menyelesaikan masalah, tapi membantu membangkitkan sesuatu yang tersembunyi di dalam hati dan pikiran. Membuat kita berpikir, dan terkadang memunculkan sebuah hal yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Seperti tulisan ini. Saya tak pernah berpikir ingin menulis ini. Musik yang menggerakkan jari ini diatas keyboard. Menulislah, begitu katanya. Kamu akan menjadi lebih baik dengan menulis.

Kawan,apa kamu pernah merasakannya?
Ini lagu yang sedang saya dengarkan, tentang bagaimana nada dalam lagu ini membuat saya merasa lebih baik...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hello Monster (Remember You) Korean Drama

[MV] HUH GAK ‘The Person Who Once Loved Me’

Annyeong 2005!!! Chapter 6 (Cross Gene Fanfiction)