BEKASI ROBOT CONTEST (BRC) 20 Juni 2013




Senangnya akhirnya bisa menyelesaikan lomba ini dengan baik. Tambah seneng lagi karena sekolah gue ‘SMKN 3 BEKASI’ keluar sebagai juara umum dalam kompetisi robot se Bekasi yang di selenggarakan atas kerja sama antara Dinas Pendidikan Kota bekasi dengan Superchamp School Of Robotics Bekasi pada tanggal 20 Juni 2013 di Mall Bekasi Square ini.
Padahal awalnya kami nggak begitu yakin dan percaya diri bisa menang. Tapi akhirnya, yah, berkat semangat dan kerja keras kami, akhirnya 2 tim dari 3 tim yang kami kirim berhasil meraih peringkat 1 dan 2. Dan kedua tim yang menang itu adalah dari tim robot atom. Saying banget deh, robot sumo sekolah kami nggak menang. Padahal kami Cuma ngirim satu tim buat robot sumo. Yah, tapi nggak apa – apa lah. Tim satu yang terdiri dari Diky Putra, Rizky Yuda, dan Rama dari kelas XI. TKJ.2 berhasil menyabet juara 1 untuk kategori robot Atom beda waktu tipis sama robot Atom tim gue. Dan tim dua yang terdiri dari gue ‘Nindya Chitra’, M. Ridwan, dan Yosef Van Enst dari kelas XI. TKJ.1 berhasil menyabet juara ke-2  dibawah timnya Diky dkk.
Karena dua kali menang itu, kami berhasil meraih juara umum untuk kompetisi robotic tahun 2013 ini. Dan akhirnya kami membawa pulang 3 buah piala yang besar – besar. Hehehe… Padahal di awal, kami nggak niat menang kok. Sampe finish aja udah seneng dan bersyukur banget. Tapi ajaibnya kemarin itu, nggak ada satu robot pun yang berhasil sampe finish kecuali dari sekolah kami.
SMKN 2 Bekasi yang mulanya kami anggap lawan berat, ternyata bisa kami atasi dengan baik. Alhamdulilah banget deh. Padahal kami persiapan Cuma satu minggu, mendadak banget. Dan itu pun nggak terlalu serius. Bisa dibilang kita tuh woles banget. Tapi yang jadi prinsip kita adalah melakukan semaksimal yang kita bisa, soal menang atau kalah itu belakangan. Menang ya bonus, kalo kalah ya anggap aja cari pengalaman. Dan akhirnya, Allah sedang berpihak pada kita.
Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 13 sekolah yang dibagi menjadi 30 tim. Setiap sekolah kebanyakan mengirim 3 tim, 2 tim untuk Atom, dan 1 tim untuk sumo. Acara yang awalnya direncanakan mulai pada pukul 10:00, ngaret sekitar satu setengah jam, jadi kita mulai lomba sekitar pukul 11:30’an.
Pada robot Atom, pertandingan dibagi menjadi 2 babak. Babak pertama selama 60 menit untuk merakit dan pemrograman sedangkan babak dua dimulai setelah pertandingan robot sumo selesai. Setelah babak pertama selesai, dilakukan penilaian tahap  pertama. Setiap tim diberi waktu 3 menit untuk menjalankan robot mereka di lintasan dengan retry dan dua checkpoint. Pemenang ditentukan berdasarkan catatan waktu tercepat mencapai garis finish dan lintasan terjauh yang berhasil dilalui.
Sementara pada robot sumo, pertandingan dilakukan dengan system gugur, jadi pemenang langsung dapat ditentukan dengan melihat robot siapa yang paling kuat berada di area pertandingan.
Satu kata buat pertandingan kemarin, seru!


Tahun depan, kayanya bakal ikut lagi deh! Lumayan hadiahnya. Biar nama SMKN 3 semakin bersinar dan makin – makin bersinar lagi. Kayanya rencana untuk ngadain ekskul robotic di sekolah bakalan jadi deh. Yah, kata pak Winarto sih biar kalian menularkan ilmu kea de – ade kalas kalian. So, kita sekarang udah naik ke kelas 3 dan nggak mungkin kalo kita nggak punya penerus kan?
Dan untuk saat ini, gue benar – benar bersyukur dan seneng banget.
Untuk tahun depan, kami akan berusaha mempertahankan juara kami. Kalo bisa, kami ingin bisa lebih baik lagi. Dan semoga, adik – adik kami nanti bisa mendapatkan lebih baik dari yang telah kami dapatkan kemarin. Chukkae SMKN 3 BEKASI!!!! My school is always in my heart! Gimana pun gue suka jelek – jelekin sekolah gue sendiri, tapi tetep aja cinta gue buat sekolah ini nggak berkurang. Karena gimana pun setiap hari gue ngabisin banyak waktu gue disini. Ketemu banyak temen – temen yang gokil abis, ama guru – guru yang kadang bikin kesel tapi sebenarnya baik. Pokoknya complete banget deh kaya lagunya SNSD. Wkwkwk… :D





Kemarin kami membuktikan kalo kami juga bisa. Walaupun sekolah deket kuburan, nggak mempengaruhi apapun. Saying banget kemarin nggak ada yang nonton dari sekolah. Guru aja Cuma Aa Wahyu doing. Tapi nggak masalah sih. Karena kami benar – benar puas dan senang, dan nggak pulang Cuma dengan tangan kosong.
Pengalaman kemarin benar – benar menyanangkan dan nggak terlupakan… sekarang, tinggal wait bauat bikin organisasi Robotic di sekolah. Apa ya kira – kira namanya nanti. Robotic Of SMKN3? Tunggu aja deh!
Sampe ketemu di kompetisi tahun 2014 nanti! Terimakasih sudah mampir ke blog sederhana gue! Sering – sering aja mampir! Salam optimis selalu!!! J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hello Monster (Remember You) Korean Drama

[MV] HUH GAK ‘The Person Who Once Loved Me’

Annyeong 2005!!! Chapter 6 (Cross Gene Fanfiction)