Membaca Karakter Seseorang Berdasarkan Golongan Darah dan Astrologi Serta Kaitannya dengan Psikologi Kepribadian dan Agama


Di era zaman modern seperti sekarang, banyak sekali kita temui cara – cara membaca kepribadian seseorang. Beberapa diantaranya adalah dengan melihat dari segi astrologi atau ramalan bintang. Ramalan bintang sudah dikenal sejak lama, dan pada masa sekarang, ramalan bintang tidak hanya fokus pada masalah karier, jodoh dan keuangan saja, tetapi juga bisa dijadikan tolak ukur untuk menilai kepribadian seseorang. Banyak orang yang percaya, namun banyak juga yang menganggap hal ini tidak masuk akal. Mereka yang tidak percaya kebanyakan berpikir, ada orang – orang dengan tanggal lahir sama tapi sifatnya sungguh berbeda. Contohnya anak kembar, mereka lahir hampir berbarengan, satu darah, satu zodiak, lantas apa mereka memiliki satu sifat yang sama? Pada kenyataannya tidak bukan? Apalagi yang tidak memiliki hubungan darah sama sekali.

Belakangan ini muncul sebuah buku yang bertemakan ‘Membaca Kepribadian berdasarkan Golongan Darah’. Dari tema yang diangkat, terdengar menarik. Apalagi buku ini menyebutkan bahwa apa yang mereka sajikan berdasarkan penelitian yang menyeluruh langsung ke lapangan. Mereka juga mengatakan bahwa apa yang disajikan bukanlah ramalan semata, melainkan berdasarkan studi yang akurat di Jepang. Namun jika kita pikirkan kembali, mana mungkin sekian juta manusia di bumi hanya dikelompokkan menjadi empat golongan, A, B, AB dan O? Manusia yang beraneka ragam sifatnya tak mungkin bisa dikategorikan dalam empat golongan saja.

Seperti yang dikutip dalam muslim.or.id, “Setelah kami melihat pada beberapa jurnal dan penelitian ilmiah, ternyata tidak ada hubungan sama sekali antara karakteristik dan golongan darah. Bahkan sebuah penelitian di Jepang, dimana Jepang diberitakan sebagai sumbernya, menyatakan tidak ada hubungan sama sekali. Kami pun sekarang sedang menempuh spesialis patologi klinik yang salah satu fokusnya adalah mempelajari darah, komponen, serta penyakit terkait dengan darah. Sejauh yang kami pelajari, tidak dijumpai adanya komponen atau zat dalam setiap golongan darah yang bisa menyebabkan perbedaan sifat atau mempengaruhi karakter khas seseorang berdasarkan golongan darah. Selain itu, jika kita mempelajari lebih detail, golongan darah banyak jenis dan pengelompokkannya, bukan hanya A, B, AB, dan O.”

Dapat disimpulkan bahwa keduanya ternyata merupakan ramalan semata. Dalam islam sendiri, haram hukumnya mempercayai hal – hal seperti itu, karena termasuk perbuatan syirik yang termasuk dosa besar. Jadi sebaiknya, hal – hal yang bersifat ramalan kita hindari. Tapi, perlu dibedakan antara ramalan dan prediksi berdasarkan indikasi. Dalam islam, ramalan tidak diperbolehkan sedangkan prediksi boleh.

Ada satu bidang ilmu yang termasuk cabang psikologi, yaitu psikologi kepribadian. Ilmu ini telah terkenal mampu menelaah berbagai fenomena kepribadian manusia dalam konteks kehidupan sehari – hari.  Psikologi kepribadian mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya (www.wivrit.com). Ilmu ini sering digunakan untuk berbagai hal, diantaranya ketika perekrutan pekerja dalam perusahaan. Biasanya dengan melakukan tes – tes sederhana, memberikan pertanyaan – pertanyaan, ataupun dengan membaca tulisan tangan, seorang psikolog mampu mengenali kepribadian seseorang. Tapi tentunya mengetahui kepribadian berdasarkan ilmu psikologi berbeda dengan berdasarkan ramalan bintang atau golongan darah. Kenapa? Karena psikologi adalah ilmu yang jelas, tidak mengada – ada dan dapat dipelajari siapa saja.

Dari yang telah dijabarkan di atas, ada baiknya kita tidak terpengaruh dengan ramalan – ramalan yang tidak jelas asalnya. Jika tertarik dengan ilmu membaca karakter, lebih baik memperdalam psikologi kepribadian. Selain untuk hiburan, ilmu ini tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan bersosialisasi agar kita lebih mengenal diri sendiri maupun orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hello Monster (Remember You) Korean Drama

[MV] HUH GAK ‘The Person Who Once Loved Me’

Annyeong 2005!!! Chapter 6 (Cross Gene Fanfiction)