‘SIESTA’ Mari Istirahatkan Otakmu Sejenak!








Anyeong! Gue kembali lagi, kali ini, gue mau lanjutin pembasan beberapa waktu lalu mengenai tidur siang. Yah, buat kalian yang belum baca, mendingan flashback blog gue dulu deh, yang udah baca, boleh lanjut. Oke, kita mulai! Pernah nggak sih kalian ngerasa kram otak? Pernah nggak ngerasa otak lo mendadak beku dan sulit diajak kompromi untuk mengerjakan hal – hal yang bermanfaat, atau mungkin karena terlalu cape menjalankan aktivitas sehari – hari yang penuh beban dan menguras tenaga, lo kadang – kadang merasa kurang fokus mengerjakan sesuatu, pernah ngerasa bosen ngeliatin segala macam rumus dan tulisan yang menari – nari minta segera dihafalkan? Nah, ini dia solusinya! Mari kita ber’Siesta’ yuk?!

Ada yang bertanya – tanya tentang apa arti dari SIESTA itu sendiri? Sabar – sabar, gue bakalan jelasin kok. Tenang aja. Di Negara – negara Eropa atau Amerika Latin seperti di Spanyol atau Argentina, ada semacam kebiasaan tidur siang. Nah, kebiasaan tidur siang inilah yang disebut SIESTA!
Lama waktu SIESTA hanya sekitar 15-30 menit. Dibeberapa daerah di Argentina, kebiasaan tidur ini menjadi sebuah kebiasaan yang disakralkan. Jadi jangan berani – berani ganggu orang yang lagi tidur siang disana ya, hehe, bisa gawat! Pas lagi jam Siesta ini, biasanya kantor – kantor pada tutup sementara, jadi biasanya banyak jalanan yang lenggang karena orang – orangnya lagi bobo siang dulu. Hehe.
Penelitian di NASA menunjukkan kalau Siesta atau bobo siang ini sangat bagus pengaruhnya untuk meningkatkan fungsi memori otak. Sementara Komisi Penanggulangan Kecelakaan Transportasi di Australia merekomendasikan bobo siang untuk mengurangi kemungkinan otak eror yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalan. Jadi intinya yang dimaksud di sini, otak kita perlu istirahat, jangan dibiarkan bekerja terus menerus. Mesin aja butuh istirahat, apalagi otak kita yang Cuma satu – satunya ini?
Setelah istirahat, pastinya otak kita akan terasa lebih segar dan bisa berpikir lebih optimal kembali. Yang awalnya kita nggak bisa ngeliat dari sudut pandang itu karena otak kita sudah tertumpuk dengan berbagai macam rutinitas sehari – hari, tapi karena beristirahat, kita bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda yang baru dan lebih segar. Sebuah servey dari Nation Express, Inggris, menyatakan bahwa dua pertiga dari responden survey mengatakan bahwa ide – ide terhebat, tergila, dan terbagus mereka keluar pas mereka lagi berada di toilet! Dan ternyata setelah diteliti, toilet adalah tempat dimana lo terbebas dari hal – hal yang bisa ngingetin lo sama aktivitas rutin yang terkadang membuat lo ngerasa pengen bunuh diri! Ya, intinya ya di toilet itu lo bebas memikirkan hal apapun yang nggak bisa lo pikirkan ketika lo berada di luar.

Tapi, ngeistirahatin otak bukan hanya dengan bobo siang doang lho. Kenapa nggak mencoba menjadi orang bodoh untuk sementara? Ya, menikmati diri dengan memandang dunia dengan tatapan polos seperti anak kecil yang belum punya beban hidup apapun?
Oke, gue ada beberapa pilihan yang gue ambil dari sebuah majalah tentang mengosongkan otak atau membuat IQ lo akan turun beberapa persen. Nikmatilah hari – hari sederhana lo, dengan beberapa pilihan dibawah ini!
  •  Nonton TV lokal selama 18 jam atau bahkan nonstop dalam hari itu. Pilihan acara : sinetron melow, infotaiment dengan gosip berulang, berita kriminal, atau cheesy talent show yang jualan emosi.
  • Seharian dengerin lagu – lagu cengeng sambil tidur – tiduran di kamar seharian. Keluar kamar Cuma kalo mau ke toilet, makan, dan minum. Nggak mandi seharian, pasang headset di kuping seharian tanpa copot sama sekali. (Note: volume music normal aje yaa, kalo nggak kuping lo bisa ayan)
  • Pergi ke warung sebelah dan beli segala macam jajanan ciki – cikian, dan nggak berhenti ngunyah tu makanan seharian.
  • Enyahkan semua bacaan – bacaan berat dari pandangan lo (Bukan berarti dibuag lho!). yang boleh lo baca hari itu Cuma majalah, novel, dan komik lucu.
  • Waktu acara di TV sudah habis, tatap semut – semut di tv selama satu jam.
  • Pelototin layar komputer selama delapan belas jam nonstop, sebelumnya, jangan lupa pasang screen saver ‘starfield’.
  • Nggak ngapa – ngapain seharian.
  •  Tidur 24 jam nonstop.
  • Lakukan segala macam aktivitas lo hari itu dengan slomo (slow motion). Ngomong dengan slomo, makan slomo, minum slomo, jalan slomo, semua serba slomo!
 

 
Nah, gimana, lo pilih yang mana? Hahaha, kalo gue sih mending bobo siang aja biar cantik. Wkwkwk! Lo bisa pilih salah satu dari pilihan yang gue jabarkan diatas, tapi perlu diingat! Besok, lo harus melek dan memandang dunia seperti seharusnya lagi lho ya! Lo nggak kebayangkan bisa ngejalanin idup ampe tua dengan otak setolol itu? Just one day, NOT TO everyday, right?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hello Monster (Remember You) Korean Drama

[MV] HUH GAK ‘The Person Who Once Loved Me’

Annyeong 2005!!! Chapter 6 (Cross Gene Fanfiction)