Writer's Block

Writers's block.. istilah kata yang sudah tidak asing lagi di kalangan para penulis. suatu keadaan dimana para penulis merasa buntu ide saat sedang menulis. kalian pernah nggak ngalamin hal ini??? kalo aku sendiri jujur, sering mengalami ini. yah, begini lah derita para penulis pemula seperti saya.. hehehe.. tapi, kalau saya mengalami writer's block, nggak akan lama kok...ada juga beberapa penulis, yang menurut artikel yang saya baca lewat internet, mereka mengalami stres atau bahkan ada pula yang lebih parah lagi.. tapi nggak sampe bunuh diri kok.. hehe, mereka memilih untuk drop out dari dunia kepenulisan. hadooouuuh... jangan sampe saya dan kalian termasuk ke dalam golongan dari mereka deh.
apa segitu bahaya kah writer's block itu?? sebenarnya , jawabannya NGGAK!!
semuanya tergantung cara kita menyikapinya aja. nah, saya ada sedikit tips nih buat kalian yang lagi butuh informasi tentang writers block. tips ini saya ambil dari pengalaman pribadi, juga tips dari blog lain atau bacaan bacaan yang pernah saya baca. CEKIDOT!!!

1.Saat tiba tiba ide menghilang ketika anda sedang menulis, cobalah tinggalkan tulisan anda sejenak, lakukan hal-hal yang membuat hati anda senang.
2. camkan pada dirimu untuk menulis setiap hari, bukan menulis berdasarkan mood saja.
3. carilah waktu yang pas untuk menulis, disarankan setiap tengah malam atau pagi hari setelah bangun tidur.
4. jika terbiasa, setel lagu bermelodi lembut saat sedang menulis.
5. buatlah catatan kecil untuk menulis adegan adegan yang akan kau tulis hari ini untuk menghindari kemacetan saat sedang menulis.
6. niat yang kuat. kalian harus memiliki niat yang kuat untuk menyelesaikan sebuah karya. kalau sudah punya niat yang kuat, writers block atau apapun masalahnya tidak akan pernah bisa menghalangimu.
7. perbanyaklah latihan menulis. seperti kata pepatah, bisa karena biasa.:)
8. menulis di tempat yang sejuk bisa memperlancar kerja otak, agar lebih kreatif.
9. pergilah ke toko buku untuk sekadar membaca sinopsis yang ada di belakang cover buku ataupun novel. dari sana, barang kali ada ide yang bagus untuk berkarya.. tapi ingat, bukan menyalin atau mencontek karya orang lain yaaa... kreasikan dengan gayamu dan kreatifitasmu sendiri.
10. sering sering menonton film, iklan, dan banyak membaca majalah, artikel, koran, dll.
11. ciptakan suasana senyaman mungkin saat sedang menulis. bisa juga dengan menaruh barang-barang kesayanganmu di dekatmu saat sedang menulis. siapa tahu dengan menatap benda kesayanganmu itu, ide bisa terus mengalir sederas air terjun..... :)

barang kali, hanya itu tips yang bisa saya berikan. saya berharap bisa bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. salam optimis...^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hello Monster (Remember You) Korean Drama

[MV] HUH GAK ‘The Person Who Once Loved Me’

Annyeong 2005!!! Chapter 6 (Cross Gene Fanfiction)